Selamat datang di website SMK Mandiri Bandar Agung yang merupakan pintu gerbang sekolah kami di dunia maya. Hadirnya website ini diharapkan dapat memberikan kontribusi nyata dalam pemanfaatan teknologi informasi guna memperluas kesempatan dan peluang belajar, melalui layanan e-learning yang sedianya hadir di sini. Selain itu, website ini merupakan pintu gerbang bagi anda yang ingin mengenal lebih jauh SMK Mandiri Bandar Agung... Copyright Admin by ( Team ITC TKJ Smk Mandiri @ 2010 : Support By Smart Net)

Beda UKA dan UKG



Saat ini sedang ramai-ramainya diperbincangkan masalah UKA (Uji Kompetensi Awal). Ketika melihat pada kisi-kisi dan penanganan ujiannya, kita bisa melihat perbedaan dan persamaan antara UKA dan UKG. Perbedaan dan persamaan antara UKG dan UKA adalah sebagai berikut:

Persamaan
UKA dan UKG memiliki persamaan dalam hal substansi yakni ujian yang diselenggarakan untuk mengukur kompetensi guru. Sehingga soal, kisi-kisi, beserta materi yang diujikan adalah sama atau sebanding. Oleh karena itu bapak dan ibu guru bisa memanfaatkan tryout kami di http://ukgonline.satuwarna.com dan kami bisa memberikan bonus materi. Anda juga bisa melakukan simulasi gratis di http://ukgonline.org
Perbedaan
Kalau dilihat dari sisi perbedaan, UKA diselenggarakan untuk tujuan menyeleksi calon peserta sertifikasi guru dalam jabatan yang memilih pola PLPG. Bagi yang lulus UKA selanjutnya berhak mengikuti PLPG dan yang tidak lulus UKA maka tidak bisa mengikuti PLPG. Tetapi yang perlu dipahami, dalam simulasi software yang diberikan, nilai ujian tidak ditampilkan seperti halnya pada waktu ujian UKG Online 2012 lalu.
  • UKA diselenggarakan sesuai ketentuan sertifikasi, sertifikasi bagi guru dalam jabatan terdiri atas pola (1) PLPG, (2) Pemberian Sertifikat Pendidik Langsung (PSPL), (3) Portofolio.
  • Bagi yang mengikuti sertifikasi pola PLPG, wajib mengikuti UKA. Bagi yang mengikuti sertifikasi pola PSPL, menyerahkan dokumen ijazah minimal S2 dan syarat lainnya. Bagi yang memilih pola Portofolio, wajib mengikuti Tes Online, bila tes online lulus baru menyerahkan dokumen portofolio.
 Tujuan diselenggarakan UKG Online:
  • Pemetaan penguasaan kompetensi guru (kompetensi pedagogik dan profesional) sebagai dasar pertimbangan pelaksanaan program pembinaan dan pengembangan profesi guru dalam bentuk kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan;
  • Sebagai entry point penilaian kinerja guru dan sebagai alat kontrol pelaksanaan penilaian kinerja guru. 
Kalau dilihat dari peserta, peserta UKA adalah guru yang akan mengikuti sertifikasi guru dalam jabatan (PLPG), sedangkan peserta UKG adalah guru yang telah mengikuti sertifikasi guru dalam jabatan. Jadi UKA semacam penilaian awal layak tidak seorang guru memperoleh sertifikasi, sedangkan UKG digunakan untuk mengukur kembali kompetensi guru yang sudah memperoleh sertifikasi.
Kalau dari melihat pengalaman UKG Online 2012 yang lalu, hanya sedikit guru yang lolos ujian UKG Online. Dalam satu ruangan ujian, hanya ada 1 atau 2 guru yang lolos ujian, terkadang malah tidak ada. Semoga simulasi yang kami berikan di http://ukgonline.org membantu anda untuk mempersiapkan UKA 2013.

0 comments:

Post a Comment